Wednesday, August 17, 2011

Menghemat Quota Internet


Alangkah sangat menyenangkannya bila memiliki koneksi internet unlimited. Kita bisa menggunakan untuk browsing dan mendownload sesuka hati tanpa dibatasi quota. Namun ada beberapa diantara kita (termasuk saya) yang terkendala dengan yang namanya FUP atau Fair Usage Policy. Beberapa produk mobile broadband menerapkan hal tersebut, telkomsel flash, indosat m2, xl, menerapkan FUP yang masing-masing berbeda atau sama. Telkomsel flash dulu menerapkan FUP 3 GB, kemudian turun menjadi 2 GB, sekarang menjadi 500 MB (sepertinya, tolong diralat jika salah). Indosat m2 ada yang FUP-nya 2 GB, 2,5 GB, ada juga yang 3 GB. Xl kalo tidak salah 1 GB.

Ketika penggunaan bandwidth kita belum melampaui FUP, kecepatan
yang didapat cukup memuaskan. Tapi bandingkan ketika penggunaan sudah melebihi FUP, kecepatan akan turun dan akses akan terasa lambat. Sangat disayangkan, apalagi kalo ternyata kecepatan turun disaat kita membutuhkan koneksi cepat. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu produktivitas kita.Namun ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghemat quota. Terutama bila menggunakan browser mozilla firefox. Kita bisa memanfaatkan beberapa add-ons untuk menghemat penggunaan bandwidth. Beberapa add-ons tersebut adalah :
  • flashblock
    add-ons untuk mengeblock content flash yang terdapat di website. Sudah filenya besar, kadang cuma berisi iklan. Sangat disayangkan kalo ternyata hal tersebut menghabiskan quota bandwidth kita. Untuk content flash yang memang dibutuhkan, kita tinggal menekan tombol play yang terletak di atas content flash yang kita tuju.
  • imageblock
    add-ons untuk mengeblock content image atau gambar. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan melalui preference pada browser, cuma tidak praktis, karena harus masuk ke menu dan membutuhkan waktu yang agak lama. Kalau menggunakan add-ons ini tinggal menekan tombol yang yang muncul di browser, sehingga sangat menghemat waktu.
  • adblock plus
    add-ons untuk mengeblock ads-ads yang biasanya menyertai beberapa situs. Selain mengeblock ads, bisa juga untuk mengeblock image dan juga frame.
  • foxfilter
    add-ons untuk memfilter dalam hal kita melakukan browsing, seperti url.
Walaupun tidak maksimal, karena kadang kita cenderung meliciki, tapi tool-tool diatas mampu lumayan menghemat penggunaan bandwidth ketika online. Itu yang aku rasakan, sehingga diharapkan sampai akhir bulan kecepatan yang didapat tetap kencang. Semoga tips singkat ini berguna bagi mereka yang membutuhkan. 

No comments:

Post a Comment

Cara Mendapatkan Uang Tunai Dari Android Pakai Aplikasi Tokovips di Android

Cara Mendapatkan Uang Tunai Dari Aplikasi Tokovips di Android – Lukulo Media. Yang berminat silakan gabung disini. Apa itu aplik...