Pengikut

BUKU TAMU

sms gratisss



Senin, 17 September 2012

TERNAK SEMUT RANG RANG MEDIA BAMBU


share on facebook

Dari sekian banyak kesalahan yang selalukita lakukan sehari hari,pasti ada kebaikan yang menyelip di hati kita,semut rangrang merupakan mahluk hidup yang kadang sering mengganggu kita,tetapi sangat banyak sekali keuntungannya bagi kita, semut rangrang merupakan predator penyakit tumbuhan,seperti ulat bulu yang sekarang sekarang ini banyak sekali di perbincangkan di tv tv,dan bahkan keganasan ulat bulu sekarang ini merupakan hal yang sangat serius yang perlu kita pahami bersama.
Dengan semakin sedikitnya predator ulat bulu semakin gampangnya ulat bulu berkembang,jadi sekarang ini mulailah kita sadar terhadaplingkungan kita.dengan kita sadar membudidayakan semut rangrang ini mungkin kita bisa sedikit mengurangi penyakit
tanaman pada tumbuhan yang kita pelihara,semut rangrang ini bisa dibudidayakan,secara tradisional maupun secara intensip.Budidaya semut rangrang secara tradisional bisa kita kembangkan dengan memindahkan segerombolan atau sarang dari pohon yang satu kepohon yang lainya. dalam budidaya semut rangrang secara intensif saya terobsesi ketika ingat pengalaman saya ketika waktu kecil, sekitar beberapa th yang lalu, aku sering bermain dengan semut rangrang dan waktu itu saya memasukan segerombolan semut rangrang pada tabung bambu, dan tabung bambu itu saya taro pada pohon kering yang berada di tengah tengah kolam,dan anehnya itu tabung bambu jadi juga dibikin sarang itu oleh semut'',mungkin dikarnakan di pohon itu  tidak ada daun untuk dijadikan sarang jadi semut nyarang di dalam tabung bambu itu''.dan saya coba membudidayakan semut rangrang di dalam potongan bambu,dan alhamdulilah sedikit demi sedikit mau juga semut bersarang.
Cara Mengisolasi

Ada kata kunci yang harus diperhatikan. Membuat semut rangrang jenak dan tidak pergi dari lingkungan sarang. Inilah kunci pokok yan harus dilakukan.

“Banyak cara untuk mengisolasi semut agar tidak berpindah secara massl. Dengan membuat sekatan kolam atau kalau kandang semut berupa kotak pada setiap dasar kakinya dapat ditempatkan pada wadah berair. Seperti budidaya lebah madu. Cara terakhir inilah yang banyak dilakukan selama ini,” jelas Uun.

Dengan memanfaatkan berbagai limbah rumah tangga, seperti pralon, kotak kayu yang kemudian dikombinasikan dengan material alami berupa dedaunan, sarang buatan ini cukup efektif untuk perkembangan biak semut rangrang.

Seberapa banyak kroto yang dihasilkan, sangat bergantung pada banyaknya ratu dalam komunitas sarang semut rangrang. Satu sarang keicl dengan 1 – 3 ekor ratu semut rangrang, biasa menghasilkan 2 ons kroto.

Angka itu akan lebih banyak lagi, ketika volume sarang lebih besar dan jumlah ratu lebih banyak. Dengan masa panen kroto 10 – 15 hari sekali. Jika lebih dari itu, kualitas kroto sudah jelek.

Artinya dibiarkan saja menetas, agar populasi semut bertambah banyak. Setiap kali panen sudah cukup lumayan. Tidak kurang 10 – 20 kg. Padahal jika harga kroto sedang stabil seperti sekarang, kisaran Rp. 60 ribu/kg. Berati sekali panen bisa menghasilkan Rp. 600 ribu hingga Rp. 1,2 juta. Tetapi ketika musim hujan, dimana sarang semut rangrang di alam banyak rusak, harga bisa jadi lebih mahal, kira-kira kisaran Rp. 100 ribu/kg.

Dalam pemanenan kroto, ada beberapa metode yang sudah dilakukan. Hampir sama cara memanen madu. Menggunakan alat pelindung seperti kaus tangan dan pakaian lengan panjang.

Cara pembuatan :
sediakan potongan potongan bambu kurang lebih 40 cm (sesuai keinginan) 10 biji(semakin banyak potongan bambu semakin banyak penghasilan seroto dan bibit),kayu papan untuk talenan bambu dan papan untuk bertengger itu semut,dan kita bikin tatakan untuk nyimpan itu bambu di kolam,kita bikin di kolam supaya semut tidak kabur,dan tidak diganggu oleh semut beda jenis.nah setelah itu kita taro papan pada tatakan yang sudah kita bikin dan taro itu bambu diatas papan itu....,setelah itu kita mindahin bibit segerombolan semut rang rang bersama ratu ratunya taro di atas bambu,papan atau langsung kita masukan kedalam tabung bambunya supaya lebih cepat bersarang (tiap sarang pasti memiliki ratu),insya alloh itu semut nyarang didalam bambu.
Semut rangrang adalah serangga yang memiliki sifat menyerang jika dirinya terusik. Maka untuk membuka sarang harus dilakukan dengan cara hati-hati. Jangan sampai semut merasa terganggu dan kacau.

Makanan Semut

Bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi embun madu yang biasa dihasilkan oleh kutu putih, kutu perisai, dan kutu daun di alam bebas, semua bisa diganti dengna makanan yang mengandung gula dan kar 
SELAMAT MENCOBA
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

shoutmixxxx


ShoutMix chat widget

Comment

 

Copyright 2011 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by Ibnu Sabili R